Bagaimana Cara Mengambil Paket Menggunakan Jasa Cargo Jakarta Makassar Via Jalur Udara Itu?

 

Pengiriman paket menggunakan Jasa Cargo Jakarta melalui jalur udara kian hari semakin diminati masyarakat Indonesia. Pasalnya kargo jenis ini bisa membuat proses pengiriman barang antar pulau terasa lebih cepat.  Namun sayangnya masih banyak orang yang belum tahu bagaimana tata cara pengirimannya.

Tata Cara Mengirim Paket Menggunakan Jasa Cargo Jakarta Makassar Via Jalur Udara

Pada dasarnya mengirimkan barang dari Jakarta ke Makassar menggunakan jalur udara tidaklah sesulit  seperti apa yang dibayangkan sebelumnya. Di mana dalam hal ini Anda hanya perlu mendatangi bandara terdekat saja. Kemudian itu tinggal mengikuti langkah-langkah seperti berikut ini.

  • Langkah pertama persiapkan terlebih dahulu barang yang hendak dikirim.
  • Kemudian datangi kantor jasa cargo bandara terdekat.
  • Sampaikan maksud dan tujuan kepada petugas bahwa ingin mengirimkan barang dari Jakarta ke Makassar.
  • Tunggulah beberapa saat karena petugas akan memeriksa terlebih dahulu barang yang hendak dikirim itu.
  • Setelah itu petugas juga akan menimbang sesuai dengan prosedur yang berlaku pada cargo bandara.
  • Jika paket itu sudah ditimbang petugas akan mempacking sesuai dengan standar kargo bandara.
  • Tahap selanjutnya petugas bandara akan membuat surat muatan udara atau air way bill sesuai dengan kiriman barang Anda.
  • Setelah itu paket yang hendak dikirim akan diperiksa kepabeanan.
  • Jika paket itu telah disetujui oleh pihak kepabeanan maka barang akan segera dikirimkan sesuai tempat tujuan.
  • Langkah selanjutnya Anda tinggal melakukan pembayaran tarif sesuai dengan harga yang tertera.
  • Tunggulah beberapa saat untuk mendapatkan bukti pengiriman dari petugas bandara.
  • Terakhir barang akan diletakkan di gudang dan menunggu jadwal pemberangkatan.

Tata Cara Mengambil Paket Di Cargo Bandara

Ketika memilih menggunakan layanan port to prot  saat membeli barang dengan cara online di marketplace, maka mau tidak mau harus mengambil paket tersebut secara sendiri di bandara. Namun untuk bisa mengambilnya Anda perlu mempersiapkan beberapa hal seperti berikut ini.

  1. Persiapkan Terlebih Dahulu Surat Muatan Udara (SMU)

Untuk bisa mengambil barang di bandara Anda perlu mempersiapkan terlebih dahulu surat muatan udara. Di mana SMU ini lebih dikenal masyarakat Indonesia dengan sebutan AWB. Tanpa adanya surat ini barang tidak bisa diambil karena SMU termasuk dokumen penting yang berasal dari pihak pengirim barang. Biasanya ketika Anda membeli produk secara online di market place nomor SMU ini akan langsung diberikan kepada Anda oleh pedagang. Dengan begitu dapat dijadikan bukti untuk mengambil paket di cargo bandara.

  1. Melakukan Proses Tracking AWB

Untuk mengantisipasi terjadinya overload yang membuat paket tidak kunjung sampai tempat tujuan sesuai jadwal maka  perlu melakukan tracking AWB. Dengan melakukan kegiatan ini nantinya Anda bisa menyesuaikan kapan waktu barang itu sampai di bandara, sehingga ketika paket sudah tiba bisa langsung menjemputnya.

  1. Membuat Kartu Tanda Masuk

Agar bisa masuk ke dalam terminal cargo maka perlu membuat kartu tanda masuk terlebih dahulu. Di mana lokasi yang melayani pembuatannya berada di pusat pelayanan informasi terminal cargo. Sedangkan persyaratan yang harus dipenuhi berupa fotokopi KTP dan STNK kendaraan. Terakhir jika sudah memiliki kartu tanda masuk bisa langsung mengambil barang di terminal cargo.

Demikianlah cara mengirimkan barang dari Jakarta ke Makassar menggunakan jasa cargo via jalur udara. Dalam hal ini sebaiknya ketika mengambil barang di bandara lakukan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Pasalnya jika melebihi tiga hari pihak bandara akan memberikan denda.

 

 

Previous post Cara Daftar Kurir J&T Secara Online Via Email
Next post Menelisik Rekomendasi Game PS 2 Petualangan